01/09/09

Asah Otak Anak lewat Teka-teki

Teka-teki untuk anak sangat bermanfaat untuk mengasah otaknya agar mampu terangsang dan berfikir. Ada 4 manfaat main teka-teki untuk anak,yaitu :
1.Mengasah daya ingat
Saat teka-teki diberikan,anak akan menyisir semua arsip dan memori yang ada di otaknya, untuk kemudian dicocokkan dengan petunjuk yang ada. karenanya,permainan ini sangat baik untukmenjaga daya ingat anak. Selain itu, sangat mungkin anak menemukan kosakata baru yang belum dikuasainya.Dengan begitu,wawasan anak semakin kaya dan kosakatanya pun akan bertambah banyak.
2. Belajar Klasifikasi
Anak belajar mengklasifikasikan, mana yang termasuk kategori buah-buahan,binatang, kendaraan dan sebagainya. Saat disebutkan kategori tertentu, pikiran anak akan melayang pada jenis-jenis benda yang ada di kategori tersebut. Misalnya,ketika disebutkan binatang,anak akan merujuk kepada gajah,kuda,kambing,monyet,cicak dan sebagainya.Dengan keterampilan klasifikasi ini, anak akan mudah menata ribuan kosakata yang dikuasainya.
3. Mengembangkan kemampuan Analisis
Anak belajar menganalisi jawaban yang tepat dari berbagai petunjuk yang ada. Dia akan belajar menggabungkan informasi itu dan menemukan jawabannya. kemampuan analisis ini akan berguna, khususnya saat anak memasuki usia sekolah. Banyak sekali pertanyaan yang membutuhkan analisis, utamanya soal-soal yang memakai penggunaan cerita.
4. Menghibur
Permainan teka-teki sangat menghibur. Ini jelas permainan yang menyenangkan dan bisa mengakrabkan hubungan anak dengan orangtua, maupun antar teman sebaya. Bisa dilakukan dimana saja, dan kapanpun, baik dalam perjalana, di sekolah,dirumah, maupun saat-saat santai lainnya.

Beberapa contoh teka-teki untuk anak :
1.buah-buahan
- aku sejenis buah-buahan. warna kulitku hijau. warna dagingku merah. rasaku manis (jawaban : semangka)
-aku buah-buahan. aku memiliki banyak duri yang tajam.bauku harum,warnaku kuning dan rasaku manis sekali (jawaban : durian)
2. binatang
-aku sejenis binatang. kakiku empat. badanku besar,belalaiku panjang,telingaku lebar. (jawaban : gajah)
-aku binatang tanpa kaki dan tangan. badanku panjang dan lentur, gigiku tajam dan memiliki bisa yang berbahaya (jawaban : ular)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

leave your comment