14/12/09

Biang Keringat alias 'kringet buntet' pada si kecil...

Laras kecilku sering kringet buntet....sebentar muncul..sebentar ilang...Biang keringat atau kalo orang jawa bilang kringet buntet memang hal wajar yang sering dialami anak kecil...Apalagi kalo udaranya panas (seperti kota Pekanbaru nih), wah bintik2 kecil merah itu pasti langsung muncul...kasian melihatnya, kalo digaruk tambah menjadi..biasanya muncul di dahi, leher, dan bagian tubuh yang kaya kelenjar keringat..kalo si laras seringnya di leher bagian belakang..
Gejala: 
pada kulit muncul bintil-bintil berwarna kemerahan, kadang disertai bintil yang berair. Rasanya tentu pedih bila digaruk, dan si kecil pasti merasa serba tak nyaman...
Penanganan :
pada tahap awal dapat diberikan bedak biang keringat, baik bedak tabur maupun cair jaga agar kulit tetap kering, ingatlah untuk selalu mengelap jika kulit si kecil berkeringat atau terlihat basah..pakaikanlah baju yang mudah menyerap keringat, jangan pakaian yang tebal..umumnya dengan tindakan demikian, keluhan kringet bntet akan segera hilang..namun bila tak segera sembuh, konsultasikan ke dokter. Takutnya bila menjadi akan semakin parah lalu terjadi luka karna digaruk tak sengaja oleh si kecil dan akhirnya terinfeksi kuman. Bila sudah terinfeksi bisa muncul penyakit baru yang lebih sulit untuk diobati.
Untuk pencegahan, rawatlah kulit anak dengan mandi secara teratur, keringkan kulit, beri bedak agar kulitnya selalu kering, dan mencegah gesekan, jaga pakaian selalu bersih dan ganti setiap kali bajunya terlihat basah.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

leave your comment