11/11/09

Bila Si Secil Tak Juga Tidur

Memasuki tahun ketiganya, anak mempunyai ketertarikan yang luar biasa pada banyak hal. Akhirnya tak jarang si kecil terlalu exited. Ia jadi enggan mengikuti jadwal rutin hariannya. Ia tak mau keasyikan mengeksplorasi keterampilan corat-coretnya, terputus oleh jadwal makan, mandi dan juga tidur. Akhirnya meski mengantuk, ia tak juga mau tidur.

Atur jadwal tidur dengan disiplin
Kebutuhan tidur si kecil kini memang beda. Bisa jadi si kecil masih butuh tidur pagi dan siang masing-masing 1-2 jam. tapi ada pula anak yang tak butuh tidur siang sama sekali.
Sebenarnya, selama ia tidak menjadi rewel karena pola tidurnya terganggu, tidak apa-apa. Anda bisa menjadwal jadwal tidur lebih awal. Misalnya tidur malam dimulai pukul 19.00 - 20.00.
Bisa jadi juga si kecil sulit tidur merupakan pertanda ia overstimulasi. Kalau memang ini penyebabnya, cara paling jitu adalah menerapkan ritual tidur yang teratur. dari keteraturan lebih mudah menyusun jadwal harian si kecil. Meski begitu, tak berarti jadwal si kecil jadi kaku. Jalankan saja secara alami, perubahan sana-sini dari jadwal bisa disesuaikan koq..

Taktik Agar si kecil cepat mengantuk
Ketika si kecil rewel karena lelah tapi tidak mau tidur, anda bisa menyusun strategi seperti ini :
- Di sore hari hindari kegiatan bermain yang terlalu ribut dan mendorongnya berlompat-lompat. Lebih baik ajak si kecil menyusun puzzle, menyusun balok, mendengar CD lagu anak-anak yang menenangkan, atau sekedar melihat-lihat foto atau majalah.
- Setelah makan malam, ajaklah si kecil bermain-main di kamarnya, atau bercanda di atas kasurnya.
- Anda bisa bercerita, mendongeng, membaca doa sebelum tidur, dan menyanyikan lagu pengantar tidur hingga ia terlelap.
- Redupkan lampu dan redakan suara di sekeliling karena si kecil sungguh peka dengan rangsang suara,misal suara televisi yang keras. Ada baiknya pula jika ayah juga ikut membantu menciptakan suasana yang tenang sebelum tidur. Bisa juga si ayah sesekali yang menemani dan menidurkan si kecil.

Nah, semoga tips ini bermanfaat ya bunda ^_^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

leave your comment