09/11/09

Cara Agar Anak Tak Selalu Mengalah

Di kelas Playgroup (PG), Laras mulai menunjukkan bahwa ia termasuk anak yang suka mengalah. Saat mainannya direbut, ia diam saja. Atau saat main ayunan, ia selalu mengalah bila ada yang menyerobot antreannya. Si kecil-ku yang manis sama sekali tak keliatan usahanya untuk mempertahankan apa yang menjadi miliknya saat itu. Sepertinya Laras kecilku kurang percaya diri sehingga selalu mengalah pada teman maupun orang lain. Untungnya setelah browsing, ada tips dari seorang pemerhati anak yang mungkin bisa saya lakukan untuk mengatasi agar anak kita tidak selalu mengalah.
1. Latih berkata "TIDAK"
Kemampuan menuruti dan minta tolong atau pendapat orang lain yang lebih baik, perlu dikembangkan pada anak sejak dini. Seiring dengan perkembangan kemampuan ini, anak juga perlu dilatih berani berkata "tidak" terhadap hal-hal yang dirasanya tidak sesuai denga keyakinan dan harga dirinya.
2. Ajarkan waktu yang tepat untuk mengalah
Kita bisa menjelaskan kapan saatnya ia harus mengalah kepada temannya dan kapan harus berkata "tidak", terutama bila si teman punya tujuan yang kurang baik.
3. Komunikasi yang hangat dan terbuka
Untuk mengembangkan keterampilan sikap asertif pada anak, orangtua perlu mendukung dengan memberi pola asuh dan komunikasi hangat dan terbuka.
4. Hargai usahanya
Jangan lupa untuk memberi dukungan dan pujian atas usaha si kecil. Jangan pernah tak menghargai dan memberi label negatif kepada si anak.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

leave your comment