13/11/09

Saat Si Kecil Demam

Demam adalah hal yang biasa terjadi pada balita dan bukan indikasi penyakit serius. Kecuali bila disertai perubahan perilaku, penampilan, tingkah laku atau gejala tambahan seperti kesulitan bernafas, kaku-kaku, atau kehilangan kesadaran. hanya demam diatas 42,2 derajad celsius yang telah diketahui dapat menyebabkan kerusakan otak. Kerusakan ini dapat mengakibatkan keterlambatan perkembangan otak anak dan pada akhirnya dapat mempengaruhi kecerdasannya.
Umumnya demam terjadi karena infeksi kuman, baik itu virus maupun bakteri.Meski tidak tertutup kemungkinan demam disebabkan pencetus lain seperti imunisasi. Untuk itu, jagalah stamina si kecil dan lakukan imunisasi, juga berobat ke dokter jika demamnya berlanjut.
Sama halnya seperti orang dewasa, ketika sakit si balita butuh sekali ditenangkan dan diredakan rasa sakitnya melalui dekapan yang lembut, degendong dan ditenangkan. Ajaklah si kecil bermain yang tidak membutuhkan banyak keringat, permainan yang tenang seperti corat-coret kertas, main boneka, main jari jemari sambil bercerita, ataupun membaca buku dongeng. Dari kegiatan bermain maka sikecil akan terhibur dan diringankan rasa sakitnya. Hindari menonton televisiatau VCD secara berlebihan karena itu akan menambah si kecil merasa pusing. Memutarkan lagu-lagu yang menenangkan dapat meneduhkan emosi anak.
Jenis makanan yang diberikan pada si kecil saat demam,sebenarnya sama saja dengan jenis makanan saat ia sehat. Mungkin jumlahnya saja yang ditingkatkan, karena saat sakit ia membutuhkan lebih banyak energi dan tentunya zat gizi lainnya. Biasanya ketika si kecil demam, maka nafsu makannya juga berkurang.Untuk mendukung pemulihan kesehatannya, jika perlu boleh diberikan vitamin dan mineral tambahan.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

leave your comment